Posted on

Money Laundering/Tindak Pidana Pencucian uang cara dulu dan jaman Bitcoin.

PENGERTIAN MONEY LAUNDERING (TPPU)

 

 

Apa itu Money Laundering, adalah kegiatan atau usaha untuk menyembunyikan asal usul harta, biasanya harta diperoleh dari aksi kejahatan atau korupsi . Money laundering juga bisa dikenakan kepada orang yang menyembunyikan hartanya dari kejaran dinas pajak. Tujuan dari aksi ini adalah supaya harta yang diperoleh secara haram bisa dibuat seakan akan dari cara legal.

Kata Money Laundering atau TPPU (tindak pidana pencucian uang) pertama muncul dalam era 1920-1933 Prohibition in the United States ( https://en.wikipedia.org/wiki/Prohibition_in_the_United_States) atau era pelarangan minuman keras, sehingga banyak aksi penyelundupan, pemalsuan minuman keras dan munculnya mafioso atau kejahatan ter-organisir yang melakukannya pertama kali.

Saat ini perdagangan Narkoba, dan aksi terorisme juga dibidik oleh pasal TPPU.

 

FASE-FASE MONEY LAUNDERING TRADISIONAL

 

Ngutip dari blogyoga, Fase pertama adalah placement atau penempatan uang hasil kejahatan dalam aset tertentu misal Saham, Obligasi, Asuransi, Cash, Real Estate atau Aset Bergerak.

Fase kedua, adalah Layering , atau Mixing disini adalah proses mengaburkan atau memindah mindahkan aset , membagi bagi dalam jumlah kecil dsb. Lalu tahap terakhir adalah Integration atau mengembalikan harta ke tujuan akhir, sehingga seperti kesatuan utuh yang seakan akan diperoleh dari cara halal.

Dari ke 3 Fase diatas yang terpenting adalah proses Layering atau Mixing. Proses ini biasanya menggunakan cara Smurfing atau memecah proses wire transfer ke bank dalam transfer jumlah kecil, misal di Indonesia PPATK dan pihak bank hanya mencurigai aliran dana diatas Rp500jt, jadi secara teori apabila mengharuskan sogokan Rp600 juta bisa saja di bagi 20x pembayaran dari 20 sumber yang berbeda.

Apabila nilai transaksi sangat besar, biasanya dikarenakan pemecahan transaksi tidak memungkinkan maka bisa dilakukan Off Shore Banking, di negara-negara yang biasa disebut TAX HEAVEN. Negara-negara ini biasanya mengenakan pajak penghasilan kecil kepada penduduknya, tidak memiliki hukum extradisi, dan memiliki UU Kerahasiaan Perbankan yang kuat. Negara-negara ini biasanya kecil dan dengan melakukan atau membantu Money Laundering , perbankannya bisa mendapatkan akses dana hard cash murah untuk digunakan sebagai pinjaman atau pembangunan di daerah setempat.

Negara-negara tersebut diantaranya :

  1. Switzerland
  2. Cayman island
  3. Virgin Island
  4. Panama (kaya nazzarudin eks bendahara Partai Demokrat dia cerdas lari ke Panama kehabisan duit dia)??
  5. Malta
  6. Gibraltar
  7. Bahama
  8. Belize
  9. Andorra
  10. Bermuda
  11. Channel islands (Guernsey & Jersey)

Saya ingat sekali ada 1 orang ex Menteri jaman Presiden Suharto yang menaruh kekayaannya di perbankan di Luxemburg (saat sebelum 2001 kejadian teror WTC 9/11, luxemburg, hongkong dan Singapore bisa untuk money laundering), menteri ini lulusan Perancis dan menggunakan 2 bank , satu di Perancis dan bank akhir di Luxemburg untuk Layering dan Integration. Dan menteri ini apabila menerima sogokan mempersilahkan uang di transfer ke Luxemburg atau Perancis dan di withdraw dengan kartu debit VISA keluaran Luxemburg.

 

Cryptocurrency dalam pencucian uang

 

 

Seperti dalam artikel yang saya tulis sebelumnya, Money Laundering menggunakan Bitcoin tidak bisa dilakukan karena Blockchain yang dipakai bersifat transparan dan catatan Ledger yang terbuka selamanya, dan FBI sudah memiliki Transaction Graph Analytic Software untuk mem-bundle wallet-wallet akun yang saling bertransaksi untuk di analisa.

Akan tetapi Cryptocurrency memiliki 2 features yang sangat berguna yaitu portability  , Speed dan practicality , dan karena ada kebutuhan privacy dan anonimity dalam penggunaannya di mass adoption seperti yang saya tulis di artikel sebelumnya, maka bermunculanlah Privacy Coin seperti XMR (MONERO) dan XVG (VERGE) , yang dapat digunakan sebagai Layering untuk TPPU, atau bahasa kerennya Bitcoin Mixer yaitu kegiatan mencuci asal usul bitcoin dengan menggunakan (biasanya) XMR atau XVG.

Bahkan dengan menggabungkan Privacy Coin dengan Stable Coin (koin yang di peg 1:1 ke mata  uang USD atau EUR) seperti Gemini, seseorang tidak perlu menyimpan dana yang ingin disembunyikan di integrasikan kembali ke sistem perbankan tapi bisa selamanya ditaruh dalam Gemini atau TrueUSD yang bernilai stabil  dan hanya sekali kali apabila perlu menariknya kembali ke Mata uang kertas apabila ada kebutuhan sehari hari. Bahkan untuk belanja pun sudah ada debit card yang terhubung khusus ke Hot Wallet Cryptocurrency.

Kesimpulan, di jaman cryptocurrency saat ini, seseorang untuk mencuci uang tidak perlu capai-capai menukarkan dulu ke cash atau membawa cash besar ke negara2 tax heaven, dan bahkan tidak perlu memiliki milyaran rupiah, jumlah ratusan $ saja Anda bisa melakukan TPPU yang rumit dan aman. Cukup dengan modal PC yang terhubung ke masternode XMR , Anda dapat melakukan proses layering. Tidak perlu dalam proses re-integrasi , sebuah Shell Company yang mahal dibuat di negara Tax heaven atau mendirikan Yayasan supaya bebas pajak, cukup akun Exchanger semacam Indodax, Hard Wallet Privacy Coin yang di download ke PC, dan kesemuanya bisa dilakukan di rumah, cafe , di jalan raya asal PC kita terhubung ke Internet.

Untuk belajar Layering dengan menggunakan XMR dan XVG silahkan kontak kami.

Posted on

Kenapa BITCOIN tidak bisa dipakai untuk cuci uang (money laundering)?

Suatu hari saya mendengar percakapan di cafe, “bodoh amat nyogok pejabat pakai cash, kenapa tidak pakai bitcoin?” .  Dahulu pun sebelum mendalami Cryptocurrency saya berpikiran sama. Tapi setelah 2 tahun mendalami ternyata Bitcoin tidak bisa dipakai untuk Money Laundering (pencucian uang). Alasannya adalah sebagai berikut:

  1. Walau address nya acak-acakan random character dan number tetapi semua transaksi di catat di blockchain, berapa jumlah dana, kesiapa dan dari mana bisa di telusuri via Bitcoin Blockchain explorer seperti www.btc.com. Bahkan transaksi dari blok awal Genesis tahun 2009 pun masih ada catatannya.
  2. Interpol , FBI sudah punya TRANSACTION GRAPH ANALYTIC SOFTWARE yg bisa mem-bundle address2 yg saling terkait. Jadi tinggal ditunggu kemana larinya BTC tersebut di exchanger yg sudah KYC (know your customer, proses pendaftaran nasabah memakai ID dan Foto Selfie) yang sudah diwajibkan oleh negara-negara G20. Dan semua orang termasuk aparat bisa buka akun di blockchain explorer dan flag akun tertentu (milik orang lain pun bisa) setiap ada pergerakan dana dari akun tersebut, akan ada notifikasi ke email.
  3. . IP address di akses by nodes….dengan pakai IP, lokasi bisa diketahui gampang. ISP, posisi dimana pengakses semua tersimpan di nodes (miner utama).

Dari situlah orang-orang membuat Koin  khusus yang sama sekali bersifat ANONIM & PRIVATE, yang bersifat sentralised atau desentralised.

 

PRIVACY COIN

Mengapa orang membuat dan membutuhkan Privacy Coin, alasannya adalah:

  1. Ada orang yg bermental Libertarian yg ingin bebas (bukan kriminal , tapi biasanya nggak mau bayar pajak atau nggak ingin pemerintah ikut campur dengan kekayaannya ) grup ini yg melahirkan Bitcoin tetapi mereka merasa BTC nggak cukup private. Bayangkan dengan mengakses 1 address BTC semua akun anda dan isi duit anda mau diusahakan di sebar kemanapun, masih bisa di telusuri.
  2. Aplikasi cryto kedepan dalam dunia nyata misal untuk sistem penggajian di perusahaan, aplikasi asuransi dan wealth management membutuhkan level Anonimity, kalau si A dan B beda gaji, dan saling tahu bisa menimbulkan kesenjangan sosial. Untuk asuransi misal https://inmidiate.io
  3. Dalam masa krisis seperti GREAT DEPRESSION 1929 pemerintah pernah mengambil uang rakyat Amerika Serikat di bank, atau membuat tabungan mata uang asing anda dipaksa di convert ke mata uang lokal seperti di Venezuela, Australia (pernah lho sekarang tanya org AUSSIE bisa nabung USD, atau EUR di negaranya?), bahkan Indonesia di tahun 1998 menetapkan spread dan fee tinggi.

Alasan diatas yg membuat lahirnya mata uang privacy seperti MONERO(XMR) ada yg lain (DASH, ZCASH, ETN, yang terbaru sedang ICO ORIGO, LIGHSTREAM dll) tapi XMR rajanya.

Sekarang definisi PRIVACY COIN:

  1. Identity is hidden (tersembunyi), address bisa diganti tiap transaksi (stealth).
  2. Private –Purchase, send and receive amount are hidden.

 

Apa itu MONERO (XMR)

Ingat Silkroad yg diberangus FBI ? Semua transaksi menggunakan Bitcoin (dan September 2018 lalu duit FBI, BTC sitaan FBI dijual sehingga menghancurkan harga BTC), sekarang pun DarkWeb di Tor Network (Tor sebenarnya hidden network  yg dibikin Deplu Amerika untuk penyebaran informasi dan membantu oposisi di negara2 Russia , Syria, Venezuela tetapi disalah gunakan kriminal) mayoritas pembayaran yang diterima adalah Bitcoin karena memang kebanyakan orang kesulitan bertransaksi Monero langsung.

Sebelum 2014 (tahun lahirnya Monero) penjahat kalau mau cuci uang dari jualan di dark web biasanya menggunakan BIRO JASA : BITCOIN MIXER atau BITCOIN TUMBLER servis ini contoh yg tersisa adalah www.bestmixer.io

Akan tetapi tahun 2012, lahir lah sebuah mata uang baru namanya BYTECOIN dengan menggunakan RING SINGNATURE network, istilah algonya CRYPTONOTE. Yg bisa mengirim uang dan disukai karena ANONIM tapi belum Private. CMIIW (kalau ada yg mau koreksi silahkan)

Tahun 2014, di bitcoin talk forum “THANKFUL FOR TODAY” orang2 berusaha mem forking(istilah meng copy dan modifikasi blockchain yg sudah ada sebelumnya utk menjadikan mata uang baru) BYTECOIN dengan ide selain ANONIM kenapa tidak sekalian PRIVATE, dengan alasan yg dipakai LIBERTARIAN yg saya sebutkan di postingan pertama saya.

MONERO(XMR) menggunakan Proof Of Work artinya harus di mining menggunakan PC atau alat. Bahasa kerennya CryptoNight proof-of-work hash algorithm (cryptonight algo berarti utk privacy, contoh lain yg gunakan algo sama :ETN).

Ide Monero dengan kata lain adalah mengabungkan fungsi BYTECOIN dengan servis seperti Bitcoin Mixer. Jadi semua data amount uang yg dikirim dan diterima di mix di dalam ring signature, sehingga sangatlah sulit men trace asal usul dan berapa uang yg sedang di transaksikan. Feature lainnya adalah stealth address yg terpisah dengan public key, jadi setiap transaksi kita bisa bikin address baru, dan hanya pengirim dan penerima yg bisa trace proses transaksi.

Sayangnya kejadian hacking RANSOMWARE 4 tahun lalu banyak menggunakan MONERO, dan semakin kesini banyak kriminal menggunakan MONERO(XMR) sebagai transit money, untuk layer mencuci uang. Dan disitulah XMR mulai dilirik semua orang yg ‘membutuhkan’. Demand naik hargapun naik exponential.

Dibandingkan dengan mata uang Privacy lainnya seperti DASH , PIVX, XVG, dan ZCASH, Monero bisa dibilang paling de-sentralised AKAN TETAPI transaksi antar akun untuk mendapatkan fungsi PRIVACY dan ANONIMITY membutuhkan persiapan yang lumayan lama (maka dari itu kalau mau cepat dan cucian sedikit mungkin ada baiknya pakai mata uang seperti Zcash).

Untuk me mix (menghapus asal usul dana) dibutuhkan instalasi desktop wallet yg langsung terhubung ke blockchain XMR menggunakan MONERO GUI wallet bisa di download di getmonero.org . Dan kita harus memfungsikan PC kita sebagai masternode dari blockchain jangan numpang ke node orang lain (kecuali terburu2 dan nggak niat ANONIM).

Maka dari itu kebanyakan dari kriminal di darkweb (saya cek di tor minggu lalu) 90% masih suka menerima BTC tapi untuk menjadikan/convert ke fiat (uang kertas) mereka melakukan BTC—>XMR (di exchanger), XMR–>XMR (gui wallet disini asal usul dihapus mirip fungsi cash)—> XMR –>BTC atau USDT lalu ke FIAT (di exchanger) . Ibaratnya saya tarik uang tunai dari Bank untuk beli atau sogok, diberikan ke pihak lain dan di deposit tunai kan lagi balik ke BANK.

XMR sudah di usulkan utk di illegalkan di exchanger USA, dan para Libertarian karena tidak mau di asosiasikan dengan DARK WEB akhirnya banyak melahirkan Privacy Coin yg Centralised yang mau bekerjasama dengan POLISI seperti DASH dan ETN (makanya jangan dibeli!).

Mata uang lain yg privacy ada ZCASH (forking dari BTC) dan XVG (forking dari Dogecoin) tetapi seperti Bitcoin yg pionir sebagai cryptocurrency awal karena trust, utk fungsi Private dan Anonim, XMR paling tepat dan dipercaya utk cuci cuci (karena pionir dalam fungsi dan masih terus dikembangkan developernya).

Kedepan, mungkin nggak dalam waktu lama, orang yang mau Korupsi tidak bawa cash segunung (dan di EU semua orang tidak boleh membawa cash lebih dari 1000 EURO, di Australia juga tidak boleh membawa cash lebih dari 5000AUD di Hongkong tidak boleh lebih dari 10000HKD dan apa jadinya kalau dibuat UU yang sama di indonesia?) tapi membawa laptop dengan MONERO GUI didalamnya, bersih tanpa Antivirus ,khusus utk transaksi sambil ke CAFE cari WiFi.

UNTUK BELAJAR TENTANG PRIVACY COIN silahkan kontak kami.